Anggaran Bukan Halangan Menjalankan Program Pemerintah

Anggaran Bukan Halangan Menjalankan Program Pemerintah
Anggaran Bukan Halangan Menjalankan Program Pemerintah
JAKARTA - Instansi pemerintahan diminta harus melakukan perencanaan kegiatan secara cermat dan sistematis. Dengan demikian, keterbatasan anggaran yang terjadi tidak menghalangi masing-masing unit kerja dalam mengerjakan berbagai program secara optimal.

“Setiap instansi baik pusat maupun daerah harus tetap mengupayakan agar pengelolaan keuangan dan aset negara dilakukan lebih baik lagi,” terang Sekrataris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Edy Sujitno dalam keterangan persnya, Minggu (12/5).

 

Dia mencontohkan kinerja BKN yang telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari masyarakat serta instansi lain. Sebut saja opini WTP, sertifikat ISO di BKN Pusat dan beberapa kantor regional, serta mengembangkan Computer Assisted Test (CAT) dalam rekrutmen pegawai. Assessment Center pun telah dioptimalkan dalam penempatan struktural dan fungsional, baik untuk  internal maupun eksternal organisasi.

"Semua ini merupakan bentuk nyata upaya BKN dalam mewujudkan wilayah birokrasi bebas dan melayani," ujarnya.

Dia juga menyoroti prilaku daerah yang sangat bergantung pada anggaran. Alhasil ketika anggaran lambat diturunkan, banyak instansi "libur" kerja. Tapi begitu anggaran turun, kalang kabut merealisasikan program kerja yang tertunda.

JAKARTA - Instansi pemerintahan diminta harus melakukan perencanaan kegiatan secara cermat dan sistematis. Dengan demikian, keterbatasan anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News