Anggaran Pelantikan Jokowi Dipangkas

Dari Rp 1,05 Miliar Jadi Rp 499,4 Juta

Anggaran Pelantikan Jokowi Dipangkas
Anggaran Pelantikan Jokowi Dipangkas
SETELAH dikritisi banyak pihak, kalangan wakil rakyat di DPRD DKI Jakarta akhirnya melakukan pemangkasan anggaran pelantikan gubernur terpilih, Jokowi-Ahok. Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang dipangkas hingga 52,46 persen dari total anggaran yang diajukan mencapai Rp 1,05 miliar.

Dengan pemangkasan itu, total anggaran yang akan dipakai untuk pelantikan Jokowi-Ahok hanya mencapai Rp 499.407.000. Pemangkasan terhadap angggaran pelantikan ini, setelah Sekretaris Dewan (Sekwan) rapat bersama Komisi A DPRD DKI. "Alokasi awalnya memang Rp 1,05 miliar," ujar Sekwan DPRD DKI Mangara Pardede, Kamis (27/9). 

Namun setelah banyak tekanan dan sorotan karena anggaran pelantikan Gubernur terpilih dianggap terlalu berlebihan, Sekwan bersama Komisi A DPRD DKI berupaya untuk memangkasnya seminimal mungkin. "Karena desakannya terlalu besar, kami melakukan rapat dengan Komisi A sampai dua kali," ungkapnya.

Dalam rapat pertama, dibahas pemangkasan  anggaran Rp 424 juta sehingga dana yang akan digunakan untuk pelantikan Rp 626 juta. Anggaran yang dipangkas tahap pertama Rp 424 juta terdiri dari anggaran untuk Paduan Suara Rp 99 juta, lalu penyanyi Rp 160 juta, sound system Rp 75 juta, dokumentasi dan dekorasi Rp 70 juta serta sewa Keroncong Tugu Rp 20 juta.

SETELAH dikritisi banyak pihak, kalangan wakil rakyat di DPRD DKI Jakarta akhirnya melakukan pemangkasan anggaran pelantikan gubernur terpilih, Jokowi-Ahok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News