Ansor Tuding Menag 'Bermain' di Muktamar NU

Ansor Tuding Menag 'Bermain' di Muktamar NU
Ansor Tuding Menag 'Bermain' di Muktamar NU

jpnn.com - JAKARTA - Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) menuding Menteri Agama  Lukman Hakim Saifuddin merecoki Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-33 di Jombang, Jawa Timur. Menurut Wakil Ketua GP Anshor,  Yaqut Cholil Qoumas, ada upaya yang dilakukan Lukman untuk mengintervensi muktamar NU demi memuluskan nama tertentu untuk memimpin organisasi kaum nahdliyin itu.

"Ansor mencermati bahwa Menteri Agama bertindak melampaui kewenangannya dengan terkesan memberikan dukungan kepada salah satu kandidat pimpinan PBNU melalui kanwil kemenag di beberapa propinsi," ujar Yaqut melalui siaran pers ke media, Rabu (5/8) malam.

Yqut menuturkan, upaya Lukman untuk mendukung figur tertentu agar terpilih menjadi pemimpin PBNU itu terlihat dari pengerahan pejabat Kementerian Agama, termasuk para kepala kantor wilayah (kakanwil) di daerah. “Pengerahan itu sudah sistemik dan massif. Dari direktur sampai kepala kantor wilayah kabupaten,” papar Yaqut.

Ansor Tuding Menag 'Bermain' di Muktamar NU

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dokumen JPNN.Com

Lebih lanjut Yaqut menegaskan, muktamar merupakan forum tertinggi di NU sebagai wadah para kiai dan ulama berhaluan  Islam ahlu sunnah wal jama'ah (Aswaja). Karenanya Ansor yang merupakan Badan Otonom PBNU meyayangkan manuver Lukman.

Ansor pun meminta Presiden Joko Widodo mengevaluasi Lukman yang telah merecoki muktamar demi mendukung calon tertentu. “Kami harapkan pihak-pihak di luar NU menghormati semua proses yang terjadi dalam muktamar dengan tidak melakukan intervensi terhadap muktamirin," pintanya.(ara/jpnn)

JAKARTA - Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) menuding Menteri Agama  Lukman Hakim Saifuddin merecoki Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-33 di Jombang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News