Antar Pantai Gading ke PD 2010, Drogba Terbaik Afrika

Antar Pantai Gading ke PD 2010, Drogba Terbaik Afrika
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
AKRA-Didier Drogba gagal mengantarkan Pantai Gading meraih juara Piala Afrika 2010 dua bulan lalu. Tapi, itu tidak menghalangi penahbisan Drogba sebagai pemain terbaik Afrika 2009 di Akra, Ghana, kemarin (12/3). Gelar itu menjadi kado ultah Drogba yang genap 32 tahun sehari sebelumnya.

Seperti diumumkan CAF (Konfederasi Sepak Bola Afrika), Drogba menjadi yang terbaik setelah meraup 92 poin. Bomber Chelsea itu mengungguli striker Kamerun dan Inter Milan Samuel Eto?o yang hanya meraup 69 poin. Rekan setim Drogba di Chelsea sekaligus bintang Ghana Michael Essien berada di peringkat ketiga (43 poin).

Gelar pemain terbaik Afrika sudah dua kali diterima Drogba. Sebelumnya diraih Drogba pada 2006. Kala itu, dia juga mengungguli Eto'o dan Essien. "Drogba terpilih karena peran besarnya meloloskan Pantai Gading ke Piala Dunia 2010," demikian sebagaimana dilansir CAF di situs resmi mereka. "Dia juga mencetak lima gol dan membuat timnya tak terkalahkan sepanjang kualifikasi," tambah CAF.

Penghargaan pemain terbaik Afrika yang sebenarnya dipilih setiap pelatih tim nasional negara-negara Afrika. Namun, pilihan akhir tetap diberikan kepada CAF sebagai penyelenggara sejak 1994. Sebelumnya atau sejak 1970, penghargaan masih diotaki majalah Prancis France Football.

AKRA-Didier Drogba gagal mengantarkan Pantai Gading meraih juara Piala Afrika 2010 dua bulan lalu. Tapi, itu tidak menghalangi penahbisan Drogba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News