Apa yang Terlintas di Benak Anda Ketika Mendengar Nama Ahok?

Apa yang Terlintas di Benak Anda Ketika Mendengar Nama Ahok?
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. Foto:dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA – Indocon melakukan survei terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Salah satu yang ditanyakan kepada responden mengenai sosok calon gubernur yang maju pada Pilkada DKI, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Agus Harimurti Yudhoyono, dan Anies Baswedan. 

Direktur Eksekutif Indocon, Fajar Nursahid mengatakan, pada saat ditanya apa yang terlintas di benak para responden ketika mendengar nama Ahok, mereka paling banyak menjawab tegas. 

“Persentasenya 26,1 persen,” kata Fajar saat rilis hasil survei 'Menakar Peluang Petahana dan Penantang' di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (13/11). 

Namun, Fajar menyatakan, tidak sedikit sentimen negatif yang melekat di diri Ahok. Sebanyak 16,9 persen responden menyebut Ahok sebagai sosok yang arogan dan temperamental. 

Kemudian 4,3 persen menilai mantan Bupati Belitung Timur itu sebagai sosok yang kurang merakyat dan suka menggusur. Sementara, sebanyak 0,3 persen menilainya tidak beretika. 

Sisanya, Ahok dinilai sebagai sosok yang bagus kerjanya (13,9 persen), bicaranya ceplas-ceplos (5,6 persen), non-Muslim/etnis China (4,3 persen), gubernur (3,5 persen), jujur, bersih, dan bebas KKN (2,1 persen), baik (1,9 persen), memiliki kemampuan memimpin (1,2 persen), berani (0,5 persen), berpengalaman di birokrasi (0,5 persen), sudah banyak dikenal (0,3 persen), dapat merangkul semua kalangan (0,3 persen), berwibawa dan bijaksana (0,3 persen), pandai dan berwawasan luas (0,2 persen), tidak suka/tidak simpati (4,5 persen), lainnya (3,7 persen), dan tidak tahu/menjawab (6,4 persen).

Sementara, ketika nama Agus disebut, para responden banyak mengenalnya sebagai sosok dari kalangan militer/tentara, yakni sebanyak 16,2 persen. 

JAKARTA – Indocon melakukan survei terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. Salah satu yang ditanyakan kepada responden mengenai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News