Api Ngamuk 8 Jam, 84 Rumah Ludes

Api Ngamuk 8 Jam, 84 Rumah Ludes
Api Ngamuk 8 Jam, 84 Rumah Ludes

jpnn.com - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Selama 8 jam berkobar, 84 rumah di lingkungan RT07, 08, 09 RW02, ludes terbakar, Rabu (16/10) sekitar pukul 02.30 dinihari. Dugaan kuat asal api bersumber dari korsleting listrik di salah satu rumah warga.

Kasi Ops Sudin Damkar Jakarta Barat, Abdul Wahid menyayangkan antisipasi warga yang ikut terlibat pemadaman justru malah mempersulit ruang gerak petugas damkar yang diturunkan. Setelah hampir 8 jam berlangsung, 32 mobil damkar yang diterjunkan baru bisa memadamkan api secara total.

"Kesulitannya, warga yang berupaya aktif justru mempersulit, padaha secara teknis mereka belum mengenal metode pemadaman kami, tambah lagi pemukiman juga padat terhimpit gang-gang kecil," ujar Wahid ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (16/10) petang.

Belum diketahui, kepastian penyebab kebakaran tersebut. "Informasi yang dihimpun, api berasal dari korsleting listrik di salah satu warga bernama Wawa, rumahnya berada di tengah pemukiman," ungkap Wahid.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi di kawasan Jalan Mangga Besar II itu. Namun, Camat Taman Sari, Paris Limbong memastikan 450 jiwa warga terpaksa kehilangan tempat tinggal.

"Seluruh warga korban kebakaran sudah dievakuasi ke penampungan di pos RW 02 dan Masjid Al Mujahidin. Berbagai bantuan pangan dan sandang sudah berdatangan, mulai dari dapur umum oleh Sudin Sosial Jakarta Barat, dari PMI, dan toilet umum," terang Paris.

Hingga siang hari, sekitar pukul 14:00 WIB, sejumlah warga terlihat sibuk mengorek sisa-sisa puing kebakaran. Berusaha mencari barang berharga yang tersisa dari bakaran rumah petak yang notabene bertipe 21 itu.

Di depan gang lokasi kejadian, Wahidah (39) tertunduk lesu. Rumah miliknya di Gang Mangga Besar 4K, RT.08/02 diduga menjadi pusat asal api berkobar. "Saya sih pasrah kalau disalahi warga, bahkan ada yang bilang sampai mau matiin saya juga, saya dikira sengaja kabur ninggalin rumah," tutur perempuan berkerudung yang akrab disapa Wawa itu.

Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Selama 8 jam berkobar, 84 rumah di lingkungan RT07, 08, 09 RW02, ludes terbakar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News