Aset TASPEN Capai Rp376,9 Triliun

Aset TASPEN Capai Rp376,9 Triliun
PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen). Foto dok Taspen

jpnn.com, JAKARTA - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) berhasil mencatat pertumbuhan kinerja yang cemerlang berkat inovasi model bisnis yang didukung dengan optimalisasi layanan digital.

Selama lima tahun terakhir, dari 2019–2023 aset TASPEN mengalami pertumbuhan yang konsisten.

Pada 2023, TASPEN mampu mencatatkan aset sebesar Rp 376,9 Triliun yang meningkat sebesar Rp 113,7 Triliun atau sebesar 43% dibandingkan aset 2019 yaitu sebesar Rp 263,3 Triliun.

Kenaikan aset TASPEN ini tentunya tidak terlepas dari strategi investasi yang optimal dengan meningkatkan portofolio investasi TASPEN pada instrumen Surat Berharga Negara (SBN).

“TASPEN sebagai BUMN yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara terus meningkatkan kinerja perusahaan dengan  berhasil mencatatakan pertumbuhan aset yang konsisten dan signifikan," ujar Corporate Secretary TASPEN Henra.

Henra menjelaskan dalam strategi investasi TASPEN menerapkan prinsip PAHALA, yaitu Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif.

Artinya memastikan investasi selalu memperhitungkan tingkat risiko (Aman), memastikan investasi menghasilkan yield/return yang optimal (Hasil), memastikan instrumen yang digunakan tepat melalui analisis (Andal), memastikan instrumen investasi mudah dicairkan (Likuid), dan memastikan pengalokasian aset-aset investasi dengan memperhatikan kondisi pasar terkini (Antisipatif).

Pertumbuhan aset TASPEN ini menunjukkan momentum baik yang diikuti dengan penerapan prinsip kehati-hatian yang matang.

Selama lima tahun terakhir, dari 2019–2023 aset TASPEN mengalami pertumbuhan yang konsisten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News