Astaga, 15 Instansi Belum Laksanakan Reformasi Birokrasi

Astaga, 15 Instansi Belum Laksanakan Reformasi Birokrasi
Astaga, 15 Instansi Belum Laksanakan Reformasi Birokrasi
JAKARTA - Sebanyak 15 kementerian/lembaga (K/L) hingga hari ini belum mengajukan pelaksanaan reformasi birokrasi. Padahal, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) telah memberikan kemudahan melalui sistem Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PNPRB) berbasis online yang diluncurkan 20 Juni lalu.

"Pak MenPAN&RB memperkirakan hingga akhir 2012 akan bisa menangani pelaksanaan reformasi birokrasi di 139 kementerian/lembaga pusat dan daerah. Jumlah ini meningkat pesat dari penilaian reformasi birokrasi selama empat tahun ke belakang yang hanya bisa memeriksa tak lebih dari 36 K/L," ungkap SesmenPAN&RB Tasdik Kinanto di Jakarta, Selasa (11/9).

 

Lewat sistem penilaian berbasis online tersebut, lanjutnya, bisa mempercepat proses reformasi birokrasi yang akan dilakukan terhadap 600 instasi di tanah air. Namun indikator-indikator yang digunakan dalam semua tahapan, termasuk dalam verifikasi penilaian berbasis mandiri tersebut terus diperhatikan.

"Mengingat kepedulian masyarakat yang tinggi terhadap reformasi birokrasi, pak Wapres sebagai ketua RB membuka wacana agar pihak yang melakukan verifikasi terhadap laporan self-assesment tersebut berasal dari luar pemerintahan. Ini agar mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat,” ucapnya.

JAKARTA - Sebanyak 15 kementerian/lembaga (K/L) hingga hari ini belum mengajukan pelaksanaan reformasi birokrasi. Padahal, Kementerian Pendayagunaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News