Australia Kembali Sukses Gelar Tangga Lagu 'Paling Demokratis' di Dunia

Australia Kembali Sukses Gelar Tangga Lagu 'Paling Demokratis' di Dunia
Australia Kembali Sukses Gelar Tangga Lagu 'Paling Demokratis' di Dunia

Salah satu tradisi dalam merayakan Australia Day adalah program Hottest 100 dari salah satu radio milik ABC, triple j. Lewat program ini, para pencinta musik seluruh dunia bisa memilih lagu-lagu favorit mereka dalam setahun terakhir.

Mungkin tidak berlebihan jika dikatakan program Hottest 100 adalah tangga lagu paling demokratis di dunia.

Tahun 2016, program ini mencetak rekor baru dengan jumlah pemilih mencapai lebih dari 200 ribu orang, dan tidak hanya berasal dari Australia.

"Kita menerima 2.094.000 suara yang berasal dari 298.851 orang," ujar Ollie Wards, direktur triple j. "Ini menjadi jumlah paling banyak yang pernah ikutan pemungutan suara di tangga lagu ini."

Suara yang diberikan tersebut berasal lebih dari 170 negara, kebanyakan adalah warga Australia yang sedang belajar atau bekerja di luar Australia.

54 persen lagu-lagu yang dipilih adalah hasil karya musisi Australia.

Yang membuat acara ini unik adalah karena selalu ditunggu-tunggu, terutama kaum muda untuk merayakan Australia Day.

Mereka biasanya mendengarkan program tangga lagu melalui radio atau internet, sambil menggelar pesta bersama keluarga atau teman-teman. Pesta yang digelar biasanya adalah BBQ atau piknik di pantai dan taman.

Salah satu tradisi dalam merayakan Australia Day adalah program Hottest 100 dari salah satu radio milik ABC, triple j. Lewat program ini, para pencinta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News