Awas, Kutukan Host

Awas, Kutukan Host
Kiper Tim Nasional Polandia yang juga bermain di Arsenal, Wojciech Szczesny, saat berlatih di National Stadion, Warsawa, Polandia. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS
WARSAWA - Piala Eropa (Euro) 2012 merupakan partisipasi kedua Polandia di ajang sepak bola antarnegara terbesar di Benua Biru tersebut. Empat tahun lalu atau dalam debutnya, Polandia tak mampu berbuat banyak dan finis sebagai juru kunci grup. Meski begitu, Biale Orly atau Elang Putih -julukan Portugal- mampu mengais satu angka setelah menahan seri 1-1 tuan rumah (host) Austria.

 

Nah, di Euro tahun ini, Polandia bertindak sebagai tuan rumah. Predikat yang membuat Polandia memikul beban tersendiri, khususnya ketika menjalani pertandingan pembuka turnamen kontra Yunani di National Stadium, Warsawa, malam ini WIB.

 

Dalam dua edisi terakhir Euro, host seolah terkena kutukan dengan selalu menuai kekalahan dalam laga pembuka. Pada 2008, Swiss keok 0-1 dari Republik Ceko, sedangkan Portugal diperdaya Yunani 1-2 di edisi 2004. Pelatih Polandia Franciszek Smuda tidak memungkiri apabila Yunani punya potensi mengulang kejutannya delapan tahun lalu. "Pertandingan pertama selalu sulit," kata Smuda sebagaimana dilansir di situs resmi UEFA.

 

"Yunani juga tim yang sangat berpengalaman dan sebagian besar pemainnya pernah berlaga di major event. Sedangkan kami merupakan salah satu tim termuda turnamen," sambungnya.

 

WARSAWA - Piala Eropa (Euro) 2012 merupakan partisipasi kedua Polandia di ajang sepak bola antarnegara terbesar di Benua Biru tersebut. Empat tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News