Awasi Lingkungan, DPD Bentuk Tim Khusus

Awasi Lingkungan, DPD Bentuk Tim Khusus
Awasi Lingkungan, DPD Bentuk Tim Khusus
JAKARTA - Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bambang Susilo menyatakan bahwa DPD telah memutuskan untuk membentuk tim khusus yang akan mengawasi kerusakan lingkungan akibat pertambangan.

"Dalam waktu dekat tim tersebut akan terjun ke lokasi penambangan timah di Bangka-Belitung (Babel), yang kondisi lingkungannya rusak parah," kata Bambang Susilo saat jumpa pers, di Gedung DPD RI, Kamis (20/5).

Didampingi anggota Komite II DPD antara lain Bahar Buasan, Budi Dako dan Ayu Koes Indriyah, Bambang menjelaskan, saat ini tim bentukan DPD sedang mengumpulkan informasi mengenai kerusakan lingkungan di Babel, sehingga pada saat tim khusus terjun ke lapangan akan lebih efektif.

Ditegaskan Bambang, pembentukan tim khusus Komite II DPD itu merupakan upaya dalam penegakan hukum terhadap para penambang timah ilegal dan perusahaan tambang yang tidak mereklamasi bekas lokasi eksploitasi. Salah satu contoh, dari data Mahkamah Agung yang diperoleh melalui Direktorat Reskrim Polda Babel terungkap vonis terhadap para pelaku tindak pidana pertambangan ilegal yang pernah divonis selama ini, hampir semuanya tidak pernah dihukum melebihi tiga bulan.

JAKARTA - Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bambang Susilo menyatakan bahwa DPD telah memutuskan untuk membentuk tim khusus yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News