Azwar Bunuh Diri Diduga Malu

Azwar Bunuh Diri Diduga Malu
Azwar Bunuh Diri Diduga Malu

jpnn.com - JAKARTA - Langkah nekat yang dilakukan tersangka kasus pelecehan seksual terhadap siswa TK Jakarta International School (JIS) Azwar yang bunuh diri di toilet Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu menimbulkan banyak dugaan. Mabes Polri menduga bahwa Azwar nekat mengakhiri hidupnya karena "diduga karena malu dengan perbuatannya.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjenpol Ronny F. Sompie mengatakan bahwa dugaan tersebut berdasarkan pengalaman dari berbagai kasus bunuh diri yang pernah ditangani anggotanya. "Saya berasumsi kalu bunuh diri dengan menggunakan zat kimia, secara psikologis kita bisa mengira yang bersangkutan merasa tertekan atau bisa juga malu," kata Ronny di Jakarta, kemarin (27/4).

Tidak hanya itu, Ronny juga menduga bahwa tersangka Azwar mengalami ketekutan dengan ancaman pidana yang tinggi sebagai konsekuensi dari tindakannya, yakni 15 tahun penjara.

"Selain itu, dia statusnya adalah ditangkap petugas karena melarikan diri, jadi bukan dipanggil atau datang sendiri," ujar Ronny.

Dia melanjutkan bahwa tekanan psikologis yang dialami Azwar hingga nekat bunuh diri tersebut, menurutnya dipengaruhi oleh pemberitaan berbagai media massa yang menyudutkan dirinya. "Mungkin ini juga terkait dengan pemberitaan secara masif di bernagai media yang menganggap tersangka sebagai predator anak-anak. Itu juga bisa membuat tersangka merasa tertekan," ujar dia.

Kondisi demikian, menurutnya tidak seharusnya terjadi. Dia menghimbau agar media untuk tidak menyudutkan pelaku tindak pidana pelecehan seksual hingga menghancurkan psikologisnya. Selain itu, para tersangka tindak pidana pelecehan seksual seperti sodomi atau pedofilia juga perlu memperoleh terapi penyembuhan.

"Menurut saya, perlu semacam healing trauma kepada tersangka oleh ahli psikologis. Dan perlu dicari tahu apakah mereka juga pernah menjadi korban pelecehan seksual serupa oleh orang lain jauh sebelum hal ini terjadi. Apakah juga dampak dari pelecehan tersebut menular," terang dia.

Dia juga menambahkan bahwa kasus bunuh diri Azwar mirip dengan kasus bunuh diri buronan FBI terkait kasus serupa di JIS, William James Vahey. "Ini juga mirip kasus bunuh diri dari buronan FBI. Ini juga kemungkinan dipengaruhi oleh pemberitaan yang masif sehingga mempengaruhi psikologisnya," imbuhnya.

JAKARTA - Langkah nekat yang dilakukan tersangka kasus pelecehan seksual terhadap siswa TK Jakarta International School (JIS) Azwar yang bunuh diri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News