Azwar Ragu Kemenkeu Bebas Korupsi karena Remunerasi

Azwar Ragu Kemenkeu Bebas Korupsi karena Remunerasi
Azwar Ragu Kemenkeu Bebas Korupsi karena Remunerasi
JAKARTA - Tingginya gaji PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak menjamin para abdi negara di instansi itu terbebas dari praktik korupsi. Sebab, integritas juga berperan dalam mencegah PNS untuk tidak korupsi.

Penilaian itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, menanggapi gaji PNS di Kemenkeu yang lebih tinggi dibanding kementerian lainnya. "Besarnya gaji bukan jaminan bagi seorang pegawai tidak korupsi. Tetapi bukan berarti semua PNS yang kaya pasti korupsi. Bisa saja dia mendapat warisan dari orang tuanya, atau mempunyai suami/isteri yang kaya, atau mungkin karena dia punya usaha lain. Semua orang berhak untuk kaya, termasuk PNS,” kata Azwar dalam keterangan persnya, Selasa (19/3).

Dia menambahkan, PNS yang memiliki kekayaan cukup besar harus dapat menjelaskan asal harta kekayaannya. Karena itu, setiap PNS harus melaporkan harta kekayaannya ke KPK, melalui inspektorat di instansinya masing-masing.

“Kalau ada PNS yang kekayaannya tidak wajar, masyarakat boleh curiga, dari mana sumbernya. Jangan sampai PNS memupuk kekayaan dengan menyalahgunakan wewenangnya,” ujarnya.

JAKARTA - Tingginya gaji PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak menjamin para abdi negara di instansi itu terbebas dari praktik korupsi. Sebab,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News