B50 Bukti Nyata Pemerintah Jamin Ketersediaan Energi dan Sejahterakan Petani

B50 Bukti Nyata Pemerintah Jamin Ketersediaan Energi dan Sejahterakan Petani
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat soft launching B50 di pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (18/8). Foto: Kementan.

jpnn.com - BATULICIN -Ketua Working Group Biodiesel 50 (B50) Andi Nur Alamsyah mengatakan pemerintah terus berupaya menjamin ketersediaan energi dan kemudahan akses masyarakat terhadap energi.

Karena itulah pemerintah menghadirkan B50 dengan harga terjangkau tetapi tetap memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan hidup.

"Ketahanan energi merupakan salah satu faktor penting ketahanan nasional. Selain itu, bagaimana ketahanan energi nasional melalui B50 ini juga dapat mengurangi emisi karbon dan menekan defisit neraca perdagangan serta meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Andi Nur Alamsyah pada soft launching B50 di pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (18/8).

Menurut Nur Alam tantangan pengembangan B50 ke depan bukan hanya pada pemenuhan bahan baku dari CPO, tetapi di aspek hilir juga dibutuhkan upaya khusus peningkatan kapasitas pabrik termasuk peningkatan efisiensi produksi pabrik hingga 90 persen.

Andi Nur Alamsyah juga menyebut perlu ada inovasi dan teknologi dalam menyesuaikan spesifikasi B50, penyesuaian insentif biodiesel dan introduksi teknologi baru, juga strategi komunikasi dan aspek-aspek legalitas yang oleh pihaknya sedang upayakan dan diperkuat.

"Kami juga sedang melakukan penyesuaian infrastruktur dan sarana prasarana untuk program B50 ke depan," katanya.

Oleh karena itu, kata Nur Alam, semangat kolaboratif dari semua pemangku kepentingan menjadi kunci pengembangan implementasi B50.

"Hal yang penting untuk ditekankan mendorong pendekatan kebersamaan multistakeholder, termasuk di kalangan perusahaan dan industri biodiesel. Caranya, bisa melalui pendekatan kemitraan di dunia usaha dengan asas saling menguntungkan dan bersama-sama meraih visi misi pembangunan perkebunan yang berkelanjutan, utamanya untuk ketahanan energi nasional," katanya.

Biodiesel 50 hadir sebagai bukti nyata pemerintah menjamin ketersediaan energi dan berupaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News