Bahan Baku SIM Mendadak Menghilang

Bahan Baku SIM Mendadak Menghilang
Bahan Baku SIM Mendadak Menghilang
JAKARTA - Bahan baku pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) mulai langka di sejumlah daerah. Terutama di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kelangkaan ini mengundang keprihatinan di kalangan DPR RI. Wakil Ketua Komisi III DPR Suripto  mengaku heran dan mempertanyakan kelangkaan bahan baku SIM ini. ''Ini aneh, apanya yang sulit dari bahan baku SIM itu,'' ujarnya dengan nada geram.Kekecewaan senada juga disampaikan oleh anggota komisi I DPR RI, Pupung Suharris dan Effendy Choirie. ''Saya sudah menerima banyak keluhan dari konstituen saya di Jawa Timur tentang lambannya mengurus SIM karena kehabisan bahan baku,'' kata Effendy Choiri kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/2).

Ketiga anggota DPR tersebut mendesak Kapolri Jenderal Pol. Bambang Hendarso Danuri (BHD) segera turun tangan untuk mengatasi kasus kelangkaan bahan baku SIM tersebut. Menurut Soeripto, tugas pokok polisi adalah memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, salah satunya pelayanan terhadap pembuatan SIM. Karena itu, kalau masyarakat mengeluh atau komplain karena tak bisa mengurus SIM, maka Kapolrinya harus segera tanggap. ''Jangan menunggu sampai masalah ini menjadi besar. Apalagi sampai masyarakat marah,'' Suripto menanadaskan.

‘’Komplain dari masyarakat itu harus segera dicari akar masalahnya. Penghambatnya mesti lekas ditindak. Saya akan turun ke lapangan untuk mengecek kesulitan masyarakat Jatim mengurus SIM. Saya minta pengaduan ini segera direspon Polri,’’ kata Soeripto, anggota FPKS dari Jatim.

Sementara  Effendi Choirie juga mengaku menerima keluhan serupa dari konstituennya di Jatim. Menurut dia, akibat bahan baku SIM habis, maka masyarakat tidak bisa mengurus SIM. Ini sangat merugikan masyarakat. Di satu sisi, mereka dituntut untuk disiplin tapi di sisi lain, tidak dapat mengurus SIM. Kapolri harus meneliti ke mana raibnyan. ‘’Kenyataan ini jelas merugikan. Karena itu, Kapolri wajib turun turun tangan. Teliti, kemana raibnya bahan baku SIM, apa penyebab atau akar masalahnya dan kenapa itu bisa terjadi? Kalau aparat di bawah ada yang main, ya jangan segan-segan menindak mereka, jangan dibiarkan saja,’’ katanya.

JAKARTA - Bahan baku pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) mulai langka di sejumlah daerah. Terutama di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kelangkaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News