Balai Ternak dan Rumah Kompos Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga Desa

Balai Ternak dan Rumah Kompos Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga Desa
Balai Ternak dan Rumah Kompos Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga Desa. Foto: Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan program Balai Ternak dan Rumah Kompos PT. Ansaf Inti Resources di Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (18/9).

Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di pedesaan melalui pemberdayaan peternak mustahik, dengan ternak seperti domba, kambing, sapi, dan ayam broiler sebagai komoditas utamanya.

Pimpinan BAZNAS RI Pembina Wilayah Jawa Timur Kolonel Caj (Purn) Drs. Nur Chamdani mengatakan, Balai Ternak adalah upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi berbasis peternakan.

"Harapannya, para peternak dapat berkembang dan suatu saat menjadi muzaki yang menunaikan zakatnya,” ujar Nur Chamdani.

Program Balai Ternak Kelompok Raung Mandiri di Jember saat ini memiliki 25 peternak dengan populasi ternak mencapai 276 ekor, termasuk 6 pejantan dan 105 induk betina.

“Dengan fasilitas dan pendampingan, kami berharap peternak dapat mengembangkan usaha ternak secara profesional dan berkelanjutan,” tambahnya.

Selain pemberdayaan ekonomi, program ini juga berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan melalui Rumah Kompos.

“Ini adalah bentuk nyata kontribusi zakat untuk lingkungan berkelanjutan. Kami optimis, model pemberdayaan ini bisa diterapkan di berbagai daerah lain,” lanjut Chamdani.

Balai Ternak dan Rumah Kompos BAZNAS membantu meningkatkan perekonomian warga desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News