Balikpapan Kembali Raih Adipura Kencana Sebagai Kota Terbersih

Balikpapan Kembali Raih Adipura Kencana Sebagai Kota Terbersih
Balikpapan berhasil mempertahankan penghargaan Adipura Kencana sebagai kota terbersih kategori kota besar pada 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, BALIKPAPAN - Balikpapan berhasil mempertahankan penghargaan Adipura Kencana sebagai kota terbersih kategori kota besar pada 2024.

Penghargaan prestisius ini diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud, dari Kementerian Lingkungan Hidup di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah, di tahun ini kami berhasil mempertahankan penghargaan yang juga kami capai tahun lalu," ungkap Rahmad Masud.

Dia menambahkan bahwa Balikpapan merupakan satu-satunya kota besar yang berhasil meraih penghargaan ini, sementara penghargaan untuk kategori Kota Metropolitan jatuh kepada Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dengan capaian ini, Kota Balikpapan sudah berhasil meraih piala Adipura sebanyak 25 kali, di mana enam di antaranya merupakan Adipura Kencana dan sisanya adalah Adipura Paripurna.

"Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi bagi Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat sebagai kota berkelanjutan," jelas Rahmad.

Rahmad Masud menekankan bahwa prestasi ini bukan hanya hasil kerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saja, melainkan merupakan kolaborasi semua instansi.

"Ujung tombak dari penghargaan ini berada di tangan Lurah sebagai pengawas di lingkungan, serta masyarakat di tingkat RT sebagai tulang punggungnya," tambahnya.

Balikpapan berhasil mempertahankan penghargaan Adipura Kencana sebagai kota terbersih kategori kota besar pada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News