Balinale Diakui Sebagai Festival Berkualifikasi Oscar, Keren Banget

Balinale Diakui Sebagai Festival Berkualifikasi Oscar, Keren Banget
Balinale diakui sebagai festival berkualitas Academy Award, atau Oscar. Foto: Balinale

jpnn.com, BALI - Bali International Film Festival (Balinale) diakui sebagai festival berkualitas Academy Award. Dengan status ini, kompetisi film pendek Balinale berpeluang untuk dipertimbangkan dalam ajang Oscar, dimulai pada penyelenggaraan ke-98.

Pengakuan bergengsi ini diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), menandai peningkatan status Balinale ke tingkat internasional yang setara dengan festival film global lainnya.

Pengakuan sebagai ‘Oscar Qualifying Festival’, menjadikan Balinale sebagai festival pertama di Indonesia yang menerima penghargaan ini.

"Ini adalah pengakuan atas pencapaian luar biasa Balinale selama ini dan komitmen kami untuk masa depan," ujar Deborah Gabinetti, Direktur Festival Balinale dalam keterangannya, Kamis (24/10).

Dia juga menambahkan bahwa status ini akan semakin meningkatkan reputasi festival dan memberikan kesempatan lebih luas bagi para sineas untuk mendapatkan pengakuan internasional.

Selama bertahun-tahun, Balinale telah menjadi wadah bagi beragam film, termasuk dokumenter, naratif, film pendek, dan karya eksperimental. Festival ini menerima pengajuan film dari seluruh dunia dan menayangkan sekitar 60 hingga 80 film setiap tahun.

Panitia seleksi yang berpengalaman serta dukungan dari penasihat ahli memainkan peran penting dalam menjaga kualitas festival. Balinale juga menjadi ajang yang dihargai oleh penonton antusias yang mengapresiasi keragaman dan keunikan sinema.

Selain itu, Balinale telah berkolaborasi dengan sejumlah mitra internasional yang turut berkontribusi pada kesuksesan festival ini. Beberapa di antaranya adalah Asian Film Awards Academy, Motion Picture Association, Sundance Institute Film Forward, dan Berlinale Spotlight Generation.

Balinale diakui sebagai festival berkualitas Academy Award, atau Oscar. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News