Bambang Soesatyo Puji Jenderal Listyo

Peluncuran Aplikasi SIM Online Nasional

Bambang Soesatyo Puji Jenderal Listyo
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meluncurkan aplikasi SIM online SINAR (SIM Nasional Presisi) yang dikembangkan Korlantas Polri. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meluncurkan aplikasi SIM online SINAR (SIM Nasional Presisi) yang dikembangkan Korlantas Polri.

Aplikasi SINAR bisa di-download di App Store dan Play Store pada berbagai tipe smartphone.

"Saya mengapresiasi langkah Kapolri meluncurkan aplikasi SIM online SINAR, setelah sebelumnya meluncurkan electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik,” kata Bambang Soesatyo usai menghadiri peluncuran SINAR di Jakarta, Selasa (13/4).

Sosok yang karib disapa Bamsoet ini menambahkan dengan aplikasi SINAR, masyarakat yang ingin memperpanjang SIM tidak perlu datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM.

Masyarakat tidak perlu repot memfotokopi dokumen dan membawanya dalam satu map.

“Serta tidak perlu membuang waktu karena padatnya antrean," ujarnya.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan masyarakat hanya wajib datang ke Satpas pada saat pembuatan SIM baru, karena harus melakukan ujian praktik.

Sementara, uji teori, pemeriksaan psikologi, dan pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan secara online melalui e-RIKKES dan e-PPsi yang terdapat dalam aplikasi SINAR.

Bambang Soesatyo mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meluncurkan aplikasi SIM online SINAR, setelah sebelumnya me-launching electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News