Bamsoet Mendorong Jambi Lahirkan Atlet Menembak Berprestasi 

Bamsoet Mendorong Jambi Lahirkan Atlet Menembak Berprestasi 
Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Menembak Indonesia Bambang Soesatyo saat Pelantikan Pengurus Perbakin Provinsi Jambi di Jambi, Sabtu (10/4). Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAMBI - Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Menembak Indonesia Bambang Soesatyo mengatakan tantangan yang dihadapi Perbakin ke depan makin kompleks. 

Menurut Bamsoet, panggilan akrabnya, hal itu tidak hanya dari sisi tanggung jawab melahirkan atlet-atet menembak yang berkualitas, tetapi aspek-aspek yang secara tidak langsung terkait eksistensi Perbakin sebagai organisasi yang bersinggungan erat dengan penggunaan senjata api.

Dia mencontohkan belum lama ini publik dihebohkan unggahan video di media sosial yang memperlihatkan pengendara mobil menampilkan aksi 'koboi' dengan menodongkan airsoft gun kepada warga, usai terlibat insiden lalu lintas dengan pengguna sepeda motor.

"Meskipun pada akhirnya hasil pemeriksaan membuktikan yang bersangkutan bukan anggota Perbakin, aksi koboi semacam ini terlanjur menimbulkan prasangka dan persepsi negatif terhadap anggota Perbakin," ujar Bamsoet saat Pelantikan Pengurus Perbakin Provinsi Jambi di Jambi, Sabtu (10/4).

Turut hadir antara lain Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI Joni Supriyanto, Sekjen PB Perbakin Firtian Judiswandarta, Ketua Umum KONI Provinsi Jambi Budi Setiawan.

Kemudian, Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli, Kapolresta Jambi Kombes Dover Christian, Ketua Perbakin Provinsi Jambi Periode 2020-2024 Guntur Muchtar serta pengurus Perbakin Provinsi Jambi lainnya.

Ketua ke-20 DPR RI ini menuturkan persepsi negatif terhadap anggota Perbakin salah satunya karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai ketatnya syarat perizinan kepemilikan dan penggunaan senjata api.

Sebab, lanjut dia, senjata api yang dimiliki hanya digunakan untuk keperluan latihan, pertandingan, ataupun berburu.

Menurut Bamsoet, memajukan olahraga menembak merupakan bagian upaya membangun manusia Indonesia yang unggul, yaitu pribadi-pribadi yang mengedepankan cara berpikir terfokus, tenang, bermental kuat, dispilin dan bertanggung jawab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News