Bandara Maratua Tak Masuk Anggaran

Bandara Maratua Tak Masuk Anggaran
Bandara Maratua Tak Masuk Anggaran
JAKARTA - Pemerintah pusat tak mengalokasikan anggaran untuk pembangunan bandara di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Padahal, pulau ini masuk prioritas program percepatan pembangunan nasional, karena berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Filipina.

Direktur Bandar Udara Dirjen Perhubungan Udara Departemen Perhubungan, Bambang Tjahjono, menyebutkan bahwa belum ada alokasi anggaran untuk pembangunan Bandara Maratua. "Tapi kami berharap, dalam perencanaan selanjutnya sudah bisa masuk. Ini karena anggaran pemerintah terbatas," sebut Bambang.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemprov Kaltim, Sulaiman Gafur, menyampaikan bahwa pada tahun 2009 ini sudah dibuat master plan untuk Bandara Maratua. Sedangkan pada 2010 mendatang akan dilanjutkan dengan studi kelayakan dan perencanaan teknis. Biayanya sementara berasal dari kolaborasi APBD Berau dan APBD Kalimantan Timur.

Sulaiman berharap, tahun 2011 bandara ini sudah mulai dibangun, sehingga dukungan dana dari pemerintah pusat sangat diperlukan. "Paling tidak, landasan bisa didarati pesawat Hercules untuk pengamanan perbatasan dengan panjang 1.600 meter," katanya.

JAKARTA - Pemerintah pusat tak mengalokasikan anggaran untuk pembangunan bandara di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Padahal, pulau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News