Banyak Jamaah Terserang Heat Stroke Usai Wukuf

Cuaca Panas Kurang Air Minum

Banyak Jamaah Terserang Heat Stroke Usai Wukuf
Banyak Jamaah Terserang Heat Stroke Usai Wukuf

jpnn.com - JAKARTA – Setelah pelaksanaan Wukuf haji akbar di Arafah, Jumat lalu (3/10), kini jamaah Indonesia mulai bergeser ke Mina untuk melempar jumrah. Dari pelaksanaan wukuf dalam kondisi cuaca yang sangat panas, banyak jamaah yang kekurangan air minum.

 

Seharusnya panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Kemenag bisa mengantisipasi agar jamaah tidak mengalami dehidrasi akibat kurang air.
    
Masalah ketersediaan air minum tersebut menjadi sorotan penting saat puncak haji kemarin. Sebab, banyak keluhan dari jamaah yang kesulitan  memperoleh air minum.

Bahkan ada sebagian dari mereka yang akhirnya meminum air langsung dari kran yang biasa digunakan untuk mandi.

Kekurangan air minum tersebut mengakibatkan banyak jamaah mengalami dehidrasi parah. Kondisi itu kemudian memicu terjadinya heat stroke.

Heat stroke merupakan kondisi tubuh dimana suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat Celcius.  Akibatnya, penyakit bawaan dari jamaah haji menjadi muncul.

”Ada sebanyak 67 orang jamaah yang dirawat saat wukuf kemarin. Sebagian besar karena dehidrasi. Untuk yang meninggal sebanyak empat orang,” ujar Abidinsyah Siregar, anggota komisi pengawas haji Indonesia kemarin.

Melihat kondisi ini, Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu mengimbau agar PPIH benar-benar memperhatikan kebutuhan minum para jamaah haji.

JAKARTA – Setelah pelaksanaan Wukuf haji akbar di Arafah, Jumat lalu (3/10), kini jamaah Indonesia mulai bergeser ke Mina untuk melempar jumrah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News