Banyak Pesawat Hilang tak Ditemukan

Banyak Pesawat Hilang tak Ditemukan
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Marsma TNI (Purn) Tatang Kurniadi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - MASIH misteri. Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, Tiongkok, hingga kini belum ditemukan.

Sempat muncul spekulasi, tragedi yang terjadi pada 8 Maret 2014 itu ulah teroris. Sejumlah negara mengirimkan tim untuk upaya pencarian.

Bahkan ada dukun iseng mencoba ikut menerawang jejak. Tapi sama dengan pelacakan satelit, semuanya belum memberikan kepastian.

Mengapa pencarian pesawat naas itu sulit ditemukan? Berikut wawancara wartawan JPNN.com, Adil Makmur, dengan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Marsma TNI (Purn) Tatang Kurniadi di Jakarta, Kamis (13/3).


Menurut Anda apa yang terjadi pada MH370?

Ada golden rule dalam investigasi don't jump to conclusion jadi kalau sekarang ada yang ngomong ini, itu, apalagi pejabat itu, artinya dia gak ngerti tentang keselamatan. Jadi sekarang yang bisa saya katakan, tunggu ketemu aja.

Berdasarkan pengalaman Anda sebagai bekas penerbang?
Pengalaman itu hanya bisa diceritakan di saat yang tepat.

Bisa dijelaskan metode untuk mencari pesawat ini?
Kalau di daratan kan belum ada itu tanda-tandanya, apakah kemungkinan di laut? Kalau dilaut kita tetap harus menunggu rongsokannya itu. Kalau pesawat masuk laut pasti akan pecah itu nanti bagian-bagian lainnya ada yang muncul ke permukaan.

MASIH misteri. Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, Tiongkok, hingga kini belum ditemukan. Sempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News