Banyak Profesional di Kabinet Merah Putih Dinilai Baik untuk Stabilitas

Banyak Profesional di Kabinet Merah Putih Dinilai Baik untuk Stabilitas
Presiden Prabowo Subianto berfoto bersama 48 menteri dan lima pejabat setingkat menteri di depan Istana Merdeka, pada Senin (21/10). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto telah resmi mengumumkan jajaran menteri dan kepala badan dalam Kabinet Merah Putih, Minggu, (20/10/2024).

Sebanyak 53 posisi menteri dan kepala badan di kabinet tersebut atau hampir setengahnya diisi kalangan professional.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai komposisi Kabinet Merah Putih menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan dan stabilitas pemerintahan.

Seperti diketahui, 24 posisi kunci dalam kabinet ini ditempati oleh kalangan profesional, di antaranya Budi Gunawan sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, Yusril Ihza Mahendra selau Menko Hukum dan HAM, Muhammad Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri, Sri Mulyani Indrawati kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan, serta Satryo Sumantri Brodjonegoro yang memegang posisi Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

"Dengan latar belakang mereka yang solid di bidangnya masing-masing, kabinet ini diperkirakan akan mampu menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran dan efektif," ungkap Adi dikutip, Rabu (23/10).

Menurut Adi, para profesional ini ditempatkan sesuai dengan keahlian mereka, menciptakan apa yang disebut kabinet zaken, di mana setiap menteri ditunjuk berdasarkan kompetensi, bukan semata-mata karena afiliasi politik.

“Secara umum, track record dan kinerja mereka dapat dilihat dan dinilai masyarakat. Komposisi ini menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat,” ucap Adi.

Di sisi lain, pengamat politik dari Universitas Jember Hermanto Rohman memuji kabinet ini sebagai hasil skenario yang dirancang dengan baik oleh Prabowo untuk menjaga stabilitas pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Presiden Prabowo Subianto telah resmi mengumumkan jajaran menteri dan kepala badan dalam Kabinet Merah Putih, Minggu, (20/10/2024).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News