Basuki Hadimuljono Sebut Presiden Prabowo Bakal Percepat Pembangunan IKN

Basuki Hadimuljono Sebut Presiden Prabowo Bakal Percepat Pembangunan IKN
Menteri PUPR periode 2014-2024 Basuki Hadimuljono menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Senin (21/10/2024). (ANTARA/Aji Cakti)

jpnn.com, JAKARTA - Basuki Hadimuljono mengungkapkan Presiden Prabowo Subianto akan mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Pada saat saya dipanggil oleh Bapak Presiden Prabowo, beliau menyampaikan akan mempercepat. Kalau sekarang yang sudah dibangun adalah eksekutifnya, menurut beliau dua tahun nanti untuk lembaga yudikatif dan legislatif harus sudah dibangun," ujar Basuki di Jakarta, Senin.

Dengan demikian, lanjutnya, gedung-gedung MPR, DPR, Mahkamah Konstitusi (MK) dan gedung-gedung lembaga yudikatif lainnya harus dibangun.

Menurut Basuki, gedung-gedung tersebut diharapkan dapat selesai dibangun di IKN dalam jangka waktu dua tahun.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan bahwa dirinya masih diminta di Otorita IKN (OIKN).

"Kalau ini saya bukan mendahului, tapi menurut Pak menteri sekretaris negara (sebelumnya) Pratikno dan Pak Jokowi saya masih diminta di OIKN. Sekarang Plt nya sudah berhenti dan saat ini sedang diurus oleh bapak-bapak Sekretariat Negara," katanya.

Terkait kapan keputusan presiden (Keppres) mengenai kepala OIKN definitif, Basuki menyampaikan bahwa hal tersebut sedang diurus oleh Kementerian Sekretariat Negara (Sekneg).

"Belum tahu, Keppresnya belum ada dan sedang diurus oleh bapak-bapak Sekneg baik yang lama maupun yang baru," katanya.

Basuki Hadimuljono menyebut Presiden Prabowo Subianto bakal mempercepat pembangunan IKN.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News