Bawang Melimpah di Batam dan Dijual Murah

Bawang Melimpah di Batam dan Dijual Murah
Bawang Melimpah di Batam dan Dijual Murah
BATAM - Meroketnya harga bawang merah dan bawang putih di Jawa ternyata tak terjadi di Batam. Di pulau industri itu justru pasokan bawang putih maupun merah cukup melimpah dan bisa dibeli dengan harga relatif murah.

Menurut sejumlah pedagang rempah-rempah di Pasar Induk di Jodoh, Batam, justru menyebut kota pulau itu dibanjiri  bawang impor dari Thailand yang harganya jauh lebih murah dari bawang lokal. Di Batam, bawang merag dijual pada kisaran Rp 18 ribu-Rp 200 ribu per kilogram.

Bahkan seorang distributor bawang di Pasar Induk Jodoh, Jaya, mengaku siap memenuhi kebutuhan bawang di Jawa dan sekitarnya.  Hanya saja, bawang yang sudah masuk kawasan perdagangan bebas itu tak bisa dikirim ke daerah lain di Indonesia.

Bawang yang masuk ke Batam memang terikat dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-Dag/PER/1/2013 yang mengatur tentang impor barang hortikultura di kawawasan zona perdagangan bebas (FTZ). "Kalau boleh mengirim bawang ke luar Batam pasti saya lakukan," ungkap Jaya seperti dilansir Batam Pos.

BATAM - Meroketnya harga bawang merah dan bawang putih di Jawa ternyata tak terjadi di Batam. Di pulau industri itu justru pasokan bawang putih maupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News