Bawaslu Bentuk Tim Khusus Awasi Gudang Logistik Pilkada 2024

Bawaslu Bentuk Tim Khusus Awasi Gudang Logistik Pilkada 2024
Ketua Bawaslu Maluku Subair. (ANTARA/Winda Herman).

jpnn.com - AMBON - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku tak ingin kecolongan dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Caranya, antara lain dengan membentuk tim khusus. Tim ini nantinya bertugas memantau langsung gudang penyimpanan logistik Pilkada 2024.

“Kami buat tim khusus yang memantau secara langsung ke lokasi-lokasi penyimpanan dan distribusi logistik pilkada. Tim khusus ini juga yang akan mengawasi jalannya pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 di Maluku," ujar Ketua Bawaslu Maluku Subair, di Ambon, Jumat (4/10).

Menurut Subair, pembentukan tim khusus diambil untuk meningkatkan transparansi dan integritas dalam pilkada serta mencegah terjadinya penyalahgunaan dan kecurangan.

Menurutnya, pembentukan tim khusus sejalan dengan komitmen Bawaslu, yaitu menjaga kepercayaan publik terhadap proses pilkada dan memastikan semua tahapan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, pembentukan Timsus juga merupakan respons terhadap kebutuhan pengawasan yang lebih ketat menjelang pemungutan suara.

“Jadi, bukan soal berapa jumlah pengawas yang nanti dilibatkan. Paling penting itu kami mengawasi secara maksimal seluruh proses tahapan pendistribusian logistik selain pengawasan kampanye yang sedang berjalan,” ucapnya.

Dia mengatakan dalam menjalankan tugasnya Timsus akan melakukan serangkaian kegiatan. Mulai dari pemeriksaan kondisi fisik barang logistik, hingga verifikasi jumlah dan jenis logistik yang disimpan dalam keadaan aman.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku membentuk tim khusus untuk mengawasi gudang logistik Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News