Bawaslu Ingatkan Panwas Serius Tangani Pilgub

Bawaslu Ingatkan Panwas Serius Tangani Pilgub
Bawaslu Ingatkan Panwas Serius Tangani Pilgub
JAKARTA – Rawan tindak pelanggaran, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nelson Simanjuntak, meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumatera Utara, benar-benar menjalankan fungsi dan kewenangannya sebaik mungkin dalam pelaksanaan pilgub Sumut 2013 ini.

Ia mengingatkan hal ini, karena jangan sampai masyarakat nantinya antipati dengan proses pemilihan. Karena trend dari Pemilu 1999 lalu memerlihatkan adanya penurunan tingkat partisipasi pemilih.

“Waktu tahun 1999 lalu, itu partisipasi pemilih mencapai 90 persen dari total pemilih. Namun pada Pemilu 2004, menurun menjadi sekitar 80 persen, dan terus menurun pada Pemilu 2009 yang hanya mencapai 70 persen. Demikian juga kalau kita melihat pada Pilkada DKI Jakarta, tingkat partisipasi pemilihnya juga menurun,” ujarnya kepada JPNN di Jakarta, Jumat (8/2).

Menurutnya, indikasi-indikasi penurunan diantaranya disebabkan karena masyarakat seperti tidak merasakan manfaat dari penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada. Alasan lain, juga didasari faktor kecurigaan penyelenggara Pemilu tidak jujur dalam menjalankan tugasnya.

JAKARTA – Rawan tindak pelanggaran, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nelson Simanjuntak, meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News