Bawaslu Temukan Dua Calon Senator Bermasalah

Bawaslu Temukan Dua Calon Senator Bermasalah
Bawaslu Temukan Dua Calon Senator Bermasalah
JAKARTA – Dua calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang mendaftar ke KPU Provinsi Sumatera Selatan dan Sumatra Barat diketahui bermasalah karena jumlah dukungannya tidak memenuhi syarat. Seharusnya, berkas berkas pencalonan senator yang diserahkan KPU Provinsi ke KPU sudah tak bermasalah lagi.

Anggota Bawaslu Wahidah Suaeb yang ditemui wartawan di gedung KPU, Jakarta, Selasa (23/9), menyatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi validasi berita acara pencalonan DPD secara sampling atas berkas calon yang mendaftar ke 12 KPU provinsi dari 33 provinsi yang ada. "Dari empat provinsi yang diverifikasi berita acara pencalonan DPD, kami sudah menemukan dua DPD bermasalah karena tidak sesuai jumlah dukungannya," ujarnya.

Menurut Wahidah, calon yang bermasalah itu berasal dari Sumatra Selatan dan Sumatra Barat. Hanya saja Wahidah tidak menyebut nama calon yang syarat dukungannya bermasalah.

Alasannya, Bawaslu akan meminta klarifikasi KPU Sumbar dan Sumsel serta calon DPD bersangkutan. "Baru nanti kami buka ke publik dua nama tersebut," katanya.

Seharusnya, sambung Wahidah, berita acara pencalonan DPD yang dikirim ke KPU Provinsi ke itu sudah beres. Data yang disampaikan juga sudah data final dan tidak boleh lagi ada data susulan.

JAKARTA – Dua calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang mendaftar ke KPU Provinsi Sumatera Selatan dan Sumatra Barat diketahui bermasalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News