Bawaslu Terlalu Sibuk Urus Spanduk

Bawaslu Terlalu Sibuk Urus Spanduk
Bawaslu Terlalu Sibuk Urus Spanduk
JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dinilai terjebak pada persoalan sepele yang tidak krusial bagi pelaksanaan pemilu. Seharusnya, Bawaslu lebih fokus pada pengawasan yang sangat penting seperti pengawasan di TPS.

Hal itu disampaikan mantan Ketua Pansus RUU Pemilu, Fery Mursydan Baldan pada Rapat Dengar pendapat (RDP) antara Komisi II DPR dengan Bawaslu, di Jakarta, Senin  (9/2) sore. Ferry mencontohkan, Bawaslu terlalu sibuk dengan penertiban spanduk dan alat peraga kampanye. “Padahal ada titik-titik krusial yang perlu pengawasan serius seperti tahapan penghitungan suara,” ulasnya.

Untuk itu, Ferry meminta Bawaslu untuk lebih fokus melatih anggota panwas di tingkat bawah seperti pola pengawasan di tiap TPS serta dukungan pengawasan bagi Panwas di lapangan.

Karenanya Ferry menyarankan agar usuran penertiban spanduk, baliho ataupun alat peraga kampanye lainnya diserahkan ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). “Spanduk, baliho atau poster itu tidak usah diuruslah, serahkan saja pada Satpol PP. Cukup beri penjelasan ke Pemda tentang pelanggaran itu seperti apa saja, dimana yang boleh dan tidak, biar mereka dan Satpol PP yang menertibkan,” cetusnya.

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dinilai terjebak pada persoalan sepele yang tidak krusial bagi pelaksanaan pemilu. Seharusnya, Bawaslu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News