Bea Cukai Amankan 400 Ribu Batang Rokok Ilegal di Tol Gempol-Pasuruan

Bea Cukai Amankan 400 Ribu Batang Rokok Ilegal di Tol Gempol-Pasuruan
Bea Cukai Jember bekerja sama dengan Bea Cukai Pasuruan menindak lebih dari 400,000 batang rokok ilegal di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Jember bekerja sama dengan Bea Cukai Pasuruan menindak lebih dari 400,000 batang rokok ilegal di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember pada Senin (23/9).

Rokok ilegal itu ditindak saat melintasi ruas tol Gempol-Pasuruan.

Kepala Kantor Bea Cukai Jember, Asep Munandar mengatakan penindakan bermula dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Bea Cukai Pasuruan dalam kegiatan patroli darat yang di Jalan Tol Gempol-Pasuruan.

Dalam pemeriksaan Bea Cukai Pasuruan menemukan sarana pengangkut yang memuat rokok ilegal.

“Selain kendaraan dan barang bukti, Bea Cukai Pasuruan juga mengamankan pelaku S dan DY. Kemudian, dari hasil keterangan keduanya, rokok ilegal tersebut adalah milik SA yang berdomisili di Tanggul, Jember,” kata Asep.

Dalam penindakan ini, Bea Cukai menemukan 414.400 batang rokok ilegal jenis SPM dan SKM berbagai merek dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 310.102.400 dan perkiraan nilai barang sebesar Rp 573.572.000.

Selain itu, Bea Cukai juga mengamankan minibus warna hitam metalik dan tiga orang pelaku.

Asep menjelaskan modus yang digunakan pelaku yakni mengirimkan rokok ilegal menggunakan mobil pribadi dengan cara menyamarkan isi muatan menggunakan kain berwarna hitam.

Bea Cukai Jember bekerja sama dengan Bea Cukai Pasuruan menindak lebih dari 400,000 batang rokok ilegal di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News