Bea Cukai Fasilitasi Pelaku UMKM Lokal Tembus Pasar Global Lewat Kegiatan Ini

Bea Cukai Fasilitasi Pelaku UMKM Lokal Tembus Pasar Global Lewat Kegiatan Ini
Bea Cukai terus memfasilitasi pelaku UMKM lokal agar menembus pasar global. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BOGOR - Bea Cukai senantiasa menjalin sinergi dengan kementerian atau lembaga terkait untuk mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Upaya tersebut seperti yang dilakukan Bea Cukai Bogor dan Bea Cukai Juanda dengan mengundang pelaku UMKM untuk menyimak langsung tata laksana ekspor.

“Kami berupaya untuk terus mendorong kinerja UMKM, dengan cara memberikan akses informasi terkait perizinan, prosedur, dan tata cara kegiatan ekspor impor kepada masyarakat luas,” kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Budi Prasetiyo dalam keterangan resminya, Senin (14/10).

Bea Cukai Juanda mengundang para pelaku UMKM binaannya dan calon eksportir untuk menghadiri Kelas Ekspor yang dilaksanakan pada Selasa (24/9).

Kelas Ekspor merupakan salah satu fasilitas pembinaan yang dibentuk Bea Cukai Juanda untuk mengembangkan potensi UMKM dan membantu perluasan pasar produk UMKM ke luar negeri.

Program ini bertujuan memberikan asistensi dan pendampingan teknis kepada UMKM agar mereka siap dan mampu menembus pasar ekspor

Sementara itu, Bea Cukai Bogor bersama Politeknik Keuangan Negara STAN mengajak para pelaku UMKM binaan yang siap ekspor mengunjungi Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Soekarno Hatta dan perusahaan jasa titipan (PJT) di kawasan Bandara Soekarno Hatta pada Senin (23/9).

Kunjungan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM terkait proses ekspor dan impor, serta mendorong mereka agar memasarkan produknya ke luar negeri melalui kegiatan ekspor.

Ini kegiatan yang dilaksanakan Bea Cukai melalui unit vertikalnya dalam memfasilitas UMKM lokal tembus pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News