Bea Cukai Parepare Kawal Ekspor Cangkang Sawit dan Klinker Semen ke Jepang & Australia

Bea Cukai Parepare Kawal Ekspor Cangkang Sawit dan Klinker Semen ke Jepang & Australia
Bea Cukai Parepare mengawal ekspor cangkang sawit ke Jepang yang dilakukan PT Jambi Semesta Biomassa, dan klinker semen ke Australia yang dilakukan PT Indocement Tunggal Prakarsa. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, PAREPARE - Bea Cukai Parepare mengawal ekspor komoditas cangkang sawit milik PT Jambi Semesta Biomassa dan klinker semen (cement clinker) milik PT Indocement Tunggal Prakarsa.

Kepala Kantor Bea Cukai Parepare Dawny Marbagio mengungkapkan keberhasilan ekspor yang dilakukan dua perusahaan tersebut, salah satunya berkat asistensi dan perbaikan layanan yang terus dioptimalkan pihaknya.

Dia menyampaikan dengan adanya beragam kemudahan ini akan membantu bergeraknya ekonomi dan pembangunan, khususnya di daerah pengawasan Bea Cukai Parepare.

“Peningkatan ekspor akan kami upayakan di seluruh wilayah pengasawan Bea Cukai Parepare, yang meliputi Kabupaten Barru, Parepare, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang di Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Polman, Majene, Mamasa, Mamuju, dan Mamuju Tengah di Provinsi Sulawesi Barat,” ujar Dawny dalam keterangan resminya, Kamis (4/7).

Dia pun menyampaikan, PT Indocement Tunggal Prakarsa berhasil ekspor sebanyak 33 ribu MT produk klinker semen ke Australia pada Senin (1/7).

Dalam ekspor ini, Bea Cukai Parepare turut membantu penerimaan negara melalui penerimaan devisa ekspor sebesar USD 1.173.150.

Pada akhir Juni lalu (28/6), ekspor juga dilakukan PT Jambi Semesta Biomassa yang mengirimkan 8.600 ton cangkang sawit ke Jepang.

Ekspor ini berhasil menyumbang penerimaan negara, berupa bea keluar sebesar Rp 563.716.000, dana sawit sebesar Rp 422.787.000, dan nilai ekspor sebesar USD 1.017.536,656.

“Semoga ekspor ini berkelanjutan dan meningkatkan kondisi perekonomian khususnya di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat,” harap Dawny. (mrk/jpnn)

Bea Cukai Parepare mengawal ekspor cangkang sawit ke Jepang dan klinker semen ke Australia yang dilakukan dua perusahaan ini


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News