Bebas Setelah 12 Tahun Disandera

Bebas Setelah 12 Tahun Disandera
Pablo Emilio Moncayo yang mengenakan baju militer, usai dilepaskan pemberontak FARC. Foto : REUTERS
FLORENCIA - Setelah 12 tahun berada dalam sekapan kelompok pemberontak Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), Pablo Emilio Moncayo akhirnya menghirup udara bebas. Dia adalah tentara Kolombia  kedua yang dilepas FARC  sebagai hasil negosiasi dengan Senator Piedad Cordoba yang mewakili pemerintah.

"Anda tidak tahu betapa indahnya melihat peradaban kembali," aku Moncayo setelah turun dari helikopter yang membawanya di Bandara Florencia seperti dilansir AFP, Rabu (31/3).

Dia diserahterimakan di sebuah hutan kepada perwakilan Komite Palang Merah Internasional sebelum kemudian diterbangkan ke kampung halamannya di Florencia, kota yang terletak 580 kilometer sebelah selatan ibu kota Bogota. Senator Cordoba turut menjadi saksi pembebasannya.

Terbebasnya Moncayo tak lain berkat kegigihan sang ayah, Gustavo Moncayo. Kasus penculikan Moncayo mendapat perhatian internasional setelah sang ayah gencar membawa kasusnya ke beberapa negara tetangga. Sejak 2007, pria yang juga berprofesi sebagai profesor di salah satu universitas itu mengunjungi Venezuela, Ekuador, Prancis, Spanyol, Jerman, dan Vatikan. Selama berkeliling itu, leher dan kedua tangan selalu diikat dengan rantai sebagai simbol protesnya atas penahanan sang anak.

FLORENCIA - Setelah 12 tahun berada dalam sekapan kelompok pemberontak Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), Pablo Emilio Moncayo akhirnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News