Beda Nasib Dera dan Airlangga Yudhoyono

Menkes Bantah Istimewakan Cucu SBY

Beda Nasib Dera dan Airlangga Yudhoyono
Beda Nasib Dera dan Airlangga Yudhoyono
JAKARTA - Dera Nur Anggraini, bayi yang baru berusia enam hari, meninggal lantaran sakit pada saluran pencernaannya. Ironisnya, Dera dikabarkan meninggal setelah ditolak oleh 10 rumah sakit yang diminta menangani operasinya.

Publik mengecam hal itu. Sebagian lain membandingkan perlakuan nan istimewa yang diterima cucu Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Airlangga Satriadhi Yudhoyono yang mendapat tempat khusus di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) dengan pengawasan ketat. Rumah sakit ini juga sudah sempat disebut menolak perawatan terhadap Dera dengan alasan ruangannya sudah penuh.

Menanggapi dugaan perbedaan pelayanan antara cucu SBY dan Dera ini, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi langsung membantahnya. Ia mengatakan Dera meninggal karena kondisinya memang memburuk dan kurangnya fasilitas alat bantuan pernapasan untuknya di beberapa rumah sakit, bukan karena ditolak.

"Yah enggak lah (perbedaan perlakuan). Tidak juga karena uang. Dalam Undang-Undang Rumah Sakit kan sudah dikatakan rumah sakit dilarang menolak pasien dalam keadaan gawat darurat. atas dasar biaya. Harus diterima, tidak boleh pertimbangan uang," ujar Nafsiah di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/2).

JAKARTA - Dera Nur Anggraini, bayi yang baru berusia enam hari, meninggal lantaran sakit pada saluran pencernaannya. Ironisnya, Dera dikabarkan meninggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News