Begini Detil Debat Perdana Pilgub Jakarta

Begini Detil Debat Perdana Pilgub Jakarta
Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bakal menggelar debat perdana pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (6/10) nanti.

Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan debat Pilgub Jakarta nanti akan berlangsung pada pukul 19.00 hingga 21.30 WIB. Debat ini dimoderatori Aryo Ardi dan Anisha Dasuki.

Adapun, tema debat perdana, yakni penguatan sumber daya manusia dan transformasi Jakarta menjadi kota global.

Nanti, para paslon akan diminta untuk memaparkan visi misi mengenai penguatan ketahanan budaya, pembangunan SDM, hingga program untuk perempuan, anak, kaum marjinal, dan disabilitas.

"Lalu juga bagaimana paslon ini menghadirkan visi misinya terkait nanti ketika Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota dan arahnya adalah menjadi kota global," ucap Astri dalam keterangannya, Kamis (3/10).

Debat dibagi dalam enam segmen, pertama adalah pemaparan visi misi, segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari panelis, segmen keempat dan kelima tanya jawab antarpaslon, dan segmen keenam pernyataan penutup.

“Materi pertanyaan dalam debat perdana disusun oleh tujuh panelis,” kata dia.

Para panelis itu, yaitu pakar komunikasi politik UIN Jakarta Gun Gun Heryanto, Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi Beki Mardani, peneliti BRIN Siti Zuhro, Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Nurliah Nurdin, pakar hukum Unusia Jakarta Ahsanul Minan, Rektor UBK Didik Suhariyanto, dan ekonom lingkungan Andhyta Firselly Utami.(mcr4/jpnn)

Tema debat perdana Pilgub Jakarta, yakni penguatan sumber daya manusia dan transformasi Jakarta menjadi kota global.


Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News