Begini Keseruan Membatik Bareng Pembatik Cilik Binaan YPA-MDR

Begini Keseruan Membatik Bareng Pembatik Cilik Binaan YPA-MDR
Gelaran membatik bersama pengrajin cilik yang diselenggarakan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR). (ANTARA/ HO-YPA-MDR)

jpnn.com - Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) memperingati Hari Batik Nasional dengan menggelar Pameran Karya Batik di Astra Head Office dan Menara Astra, 2-3 Oktober.

Dalam acara yang bekerja sama dengan Komunitas Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFI-J) itu juga ada kegiatan mencanting batik bersama Komunitas Pembatik Cilik binaan Astra dari Yogyakarta.

Komunitas Pembatik Cilik merupakan program pembinaan khusus yang telah dimulai sejak 2021 bagi siswa pilihan lintas sekolah binaan yang sejauh ini terdiri atas 134 siswa, khususnya 99 pelajar dari Kecamatan Gedangsari dan 35 siswa dari Kecamatan Pandak dengan minat serta bakat dalam membatik.

"Tujuan program ini adalah untuk memberikan apresiasi dan sarana bagi siswa dalam berkreasi dan meningkatkan kompetensi serta kepercayaan diri, karena kami yakin bahwa prestasi dapat diperoleh melalui bidang non-akademis yang dapat menjadi bekal kecakapan hidup di masa depan," kata Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (4/10/2024).

YPA-MDR turut berkontribusi untuk selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah yang tertinggal dan strategis dengan pola pembinaan empat pilar yang holistik untuk menciptakan generasi Indonesia cerdas yang sesuai dengan standar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Setiap siswa diberikan pembekalan untuk berprestasi dari segi akademik, memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayahnya, mencintai seni budaya lokal, dan membangun karakter didasari nilai-nilai luhur Indonesia serta dilengkapi sarana baik secara fisik maupun prasarana.

Pada 2024, YPA-MDR merangkul empat wilayah binaan baru untuk Program Bantuan Pendidikan, yaitu 13 sekolah di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, 14 sekolah di Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, enam sekolah di Kecamatan Bentian Besar dan tiga di Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, serta enam sekolah di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Secara total, YPA-MDR menambah 42 sekolah negeri sebagai bagian dari sekolah binaan menuju status sekolah unggul berwawasan global.

Astra melalui YPA-MDR memperingati Hari Batik Nasional dengan menggelar Pameran Karya Batik di Astra Head Office dan Menara Astra, 2-3 Oktober.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News