Belanda Jadi Tujuan Ekspor Pala dan Minyak Kelapa

Belanda Jadi Tujuan Ekspor Pala dan Minyak Kelapa
Belanda Jadi Tujuan Ekspor Pala dan Minyak Kelapa

jpnn.com - MANADO - Belanda masih menjadi negara tujuan ekspor terbesar Sulawesi Utara (Sulut) selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, saat ekonomi dunia lesu, komoditi Sulut yang dikirim ke Negeri Kincir Angin ini tetap dominan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut per September  mencatat total ekspor ke Belanda mencapai USD22,93 juta atau 22,64 persen dari nilai total.

Asisten II Setprov Sulut Drs Sanny Parengkuan MAP, mengatakan Belanda memang menjadi tujuan ekspor terbesar karena besarnya permintaan komoditi perkebunan seperti pala dan minyak kelapa memang dari sana.

"Selain itu, Belanda merupakan tujuan yang strategis karena masih ada kedekatan sejarah dengan Manado. Lebih dari itu, pelabuhan Rotterdam di Belanda menjadi tempat pertama pengiriman bahan komoditi  sebelum dikirim ke Negara lain di Eropa," kata Parengkuan seperti yang dilansir Manado Post (JPNN Group), Rabu (13/11). (syl/jpnn)


MANADO - Belanda masih menjadi negara tujuan ekspor terbesar Sulawesi Utara (Sulut) selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, saat ekonomi dunia lesu,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News