Belanja KL Dipangkas, Rp60 Triliun Bisa Dihemat

Belanja KL Dipangkas, Rp60 Triliun Bisa Dihemat
Belanja KL Dipangkas, Rp60 Triliun Bisa Dihemat
JAKARTA — Pemerintah akan melakukan penghematan anggaran dalam APBN 2011. Setelah melakukan perhitungan, pemangkasan atas anggaran non-prioritas di Kementrian/Lembaga (KL) bisa menghemat hingga Rp60 triliun.

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan bahwa penghematan sudah harus dilakukan mulai tahun depan. "Nantinya nilai penghematan akan dimasukkan ke dalam belanja modal. Perkiraan penghematan seluruh KL bisa mencapai Rp60 triliun. Angka ini bisa dialihkan ke infrastruktur atau belanja modal yang lebih produktif," ujar Hatta Rajasa kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/11).

Hatta menjelaskan, penghematan ini bukan berarti selama ini anggaran tersebut tidak dibelanjakan. Namun anggaran yang bisa dihemat itu berada pada pos-pos yang dinilai tidak mengganggu kinerja secara keseluruhan. Misalnya, penghematan pada perlengkapan kantor, pengadaan kertas kerja, rapat-rapat di hotel mewah dan pos lainnya.

"Dari penghematan yang itu saja, bisa menghemat anggaran 10 persen. Intinya bukan mengerem belanja tapi mengarahkannya untuk berhemat dan untuk belanja modal. Mungkin tahun ini belum kita mulai karena sudah diakhir tahun 2010," kata Hatta.

JAKARTA — Pemerintah akan melakukan penghematan anggaran dalam APBN 2011. Setelah melakukan perhitungan, pemangkasan atas anggaran non-prioritas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News