Belum Satu pun CPNS Asal Sumut Kantongi NIP

Belum Satu pun CPNS Asal Sumut Kantongi NIP
Belum Satu pun CPNS Asal Sumut Kantongi NIP

jpnn.com - JAKARTA - Bandelnya pemkab/kota di wilayah Sumut yang mayoritas belum menetapkan dan mengumumkan hasil tes CPNS 2013, berdampak pada ketidakjelasan proses penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Lantaran mayoritas belum mengusulkan pemberkasan NIP karena memang belum mengumumkan, dari data yang dilansir Badan Kepagawaian Negara (BKN) terlihat bahwa belum satu pun CPNS asal Sumut yang mengantongi NIP.

Memang, data BKN per 27 Januari 2014, menunjukkan masih sangat banyak pemda yang belum mengusulkan pemberkasan. Terdata, baru 9 instansi pusat yang sebagian CPNS-nya sudah ditetapkan NIP-nya. Untuk instansi daerah, baru ada 33 kabupaten/kota.

Total, BKN baru menetapkan 5.164 NIP, baik untuk instansi pusat maupun daerah. Angka ini masih jauh dari total formasi yang disediakan, yakni 25 ribu untuk instansi pusat dan 40 ribu untuk daerah.

Terlihat, CPNS Kemenkeu terbanyak NIP-nya yang sudah ditetapkan, yakni 3.245, dari yang sudah diusulkan sebanyak 3.285. Formasi Kemenkeu sendiri 6.199.

Pemkab/kota yang sudah banyak mengusulkan pemberkasan NIP dari wilayah Jawa Tengah. Paling sedikit dari wilayah Sumatera, antara lain yang sudah Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Menanggapi masih minimnya daerah yang mengusulkan pemberkasan, lagi-lagi Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat hanya mengimbau pemda agar cepat mengusulkan. Alasannya, pemberkasan dibatasi hingga akhir Februari.

"Yang kasihan masyarakatnya terutama pelamar yang lulus. Kalau daerah lamban, rakyat yang susah," ujarnya. Pemberkasan ini dilakukan masing-masing Kantor Regional BKN, tidak terpusat di BKN, Jakarta. (sam/jpnn)

JAKARTA - Bandelnya pemkab/kota di wilayah Sumut yang mayoritas belum menetapkan dan mengumumkan hasil tes CPNS 2013, berdampak pada ketidakjelasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News