Bendol Punya Segudang Taktik

Bendol Punya Segudang Taktik
Bendol Punya Segudang Taktik

jpnn.com - BANDUNG - Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta yang bakal berlangsung di Stadion Utama Bung Karno (SUBK) Minggu (10/8) memiliki kesan tersendiri bagi kapten 'Maung Bandung', Firman Utina.

Pasalnya laga ini akan jadi ajang reuni pemain asal Manado itu dengan sang arsitek 'Macan Kemayoran' Benny Dolo.

Firman mengatakan, Benny merupakan pelatih yang pernah menempa performanya hingga dia menjadi pemain profesional seperti sekarang ini. Tangan dingin pelatih senior itu telah memolesnya, tak terkecuali soal mental bertanding.

Seperti diketahui dalam karir rofesionalnya, di tahun 1999 Firman masuk tim utama Persma (Manado) dan 2001 pindah ke Persita Tangerang. Nah, sejak itulah nama Firman mencuat hingga menjadi pemain langganan Tim Nasional Indonesia.

"Saya akan selalu terima masukan positif dari orang lain. Terutama Benny Dolo karena pertama saya dipegang olehnya. Latihan yang diberikan sangat keras, tidak mengajarkan untuk lemah, dia mengajarkan mental yang keras," kenangnya.

Firman pun mengaku mengenang ucapan Benny Dolo yang menjadi acuannya bermain bola, dimana tugas pelatih hanya membantu dan yang menentukan karir adalah pemain itu sendiri.

"Dia bilang saya sudah memberikan jalan buat kamu, kamu sendiri yang harus tahu, kamu sendiri yang bersaing dan bermain di level berikutnya," kenangnya lagi.

Tak hanya Benny, lanjut Firman, pihak yang motivasinya saat meniti jenjang karirnya  di dunia sepak bola didapatnya pula dari pelatih lainnya di setiap dia berlabuh membela sebuah klub.

BANDUNG - Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta yang bakal berlangsung di Stadion Utama Bung Karno (SUBK) Minggu (10/8) memiliki kesan tersendiri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News