Berburu Black Box, Hari Ini Basarnas Fokus Angkat Ekor QZ8501

Berburu Black Box, Hari Ini Basarnas Fokus Angkat Ekor QZ8501
ilustrasi

jpnn.com - PANGKALAN BUN - Tim Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) hari ini, Jumat (9/1) bakal fokus berusaha mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8501 yang sudah ditemukan sejak Rabu (7/1) di perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah. 

Hal ini kemudian memunculkan asa yang semakin besar, Black Box akan dapat ditemukan untuk mengungkap penyebab bencana pada Minggu, 28 Desember lalu. 

Sepanjang Kamis (8/1), tim penyelam sudah berjuang mengevakuasi ekor pesawat tersebut. Namun cuaca belum bersahabat, termasuk kecepatan arus yang tak memungkinkan tim penyelam berbuat lebih banyak. "Cuaca mencegah operasi mengangkat ekor pesawat hari ini (Kamis, 8/1)," tutur Direktur Operasional Basarnas, SB Supriyadi kepada wartawan, di Pangkalan Bun, kota terdekat dengan lokasi musibah.

Laut berombak, arus yang kuat dan visibilitas yang tak lebih dari satu meter, memang menjadi kendala bagi semua unsur tim gabungan yang dikomandoi Basarnas ini untuk mengangkat ekor AirAsia QZ8501.

Namun hari ini, dua skenario awal yakni menggunakan balon maupun crane kembali akan diupayakan. "Operasi menggunakan balon untuk mengangkat ekor akan dimulai," tambah Supriyadi. 

Sementara di Jakarta, Kepala Basarnas FHB Soelistyo juga menegaskan, timnya sudah menyiapkan crane yang mungkin juga dapat digunakan untuk mengangkat ekor, sekaligus menemukan korban yang masih hilang sesuai dengan fokus utama operasi.

Ya, misi utama dari operasi yang dimulai sejak 28 Desember tahun lalu ini masih mencari korban. Namun mencari Black Box di saat kesempatan itu ada, juga tak bisa dipinggirkan begitu saja.

"Tim saya fokuskan untuk mencari Black Box. Dan satu rencana penting lainnya yaitu pengangkatan tail ( ekor pesawat). Direncanakan apabila kondisi memungkinkan ekor pesawat akan diangkat menggunakan 2 opsi yaitu akan diapungkan dengan mengunakan floating ballon atau dengan menggunakan crane milik kapal Geo Survey" ujar Soelistyo

PANGKALAN BUN - Tim Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) hari ini, Jumat (9/1) bakal fokus berusaha mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8501

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News