Berharap Banyak Perempuan di Kabinet Jokowi-JK

Berharap Banyak Perempuan di Kabinet Jokowi-JK
Berharap Banyak Perempuan di Kabinet Jokowi-JK

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Melani Leimena Suharli berharap Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) mampu menyusun anggota kabinetnya yang memberikan rasa keadilan terhadap keterwakilan perempaun di kabinetnya.

"Periode keanggotaan DPR tahun 2009-2014, dari keseluruhan anggota DPR 560, ada 101 orang atau 18,04 persen anggota DPR perempuan. Hasil pileg 2014 ini terjadi penurunan jumlah anggota DPR Terpilih perempuan. Bahkan di bawah angka hasil pileg tahun 2004-2009 yang 11,09 atau 61 orang. Sementara UU mengisyaratkan minimal 30 persen perempuan duduk di DPR," kata Melani Leimena Suharli di gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (25/8).

Semakin sedikitnya jumlah perempuan yang lolos ke DPR, lanjut politisi Partai Demokrat itu, hendaknya disikapi oleh Presiden Terpilih Jokowi dengan cara memberi porsi berkeadilan bagi perempuan untuk masuk di kabinet mendatang.

Soal siapa figurnya? Menurut Melani, soal nama sepenuhnya hak proregatif presiden, sebab di era sekarang ini sudah banyak perempuan Indonesia yang punya keahlian dan punya kapasitas mengurus kementerian.

"Jangan tiru komposisi DPR periode 2014-2019 ini, kalau saya tidak salah hanya akan ada 11 persen keterwakilan perempuan di Dewan," tegasnya. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Melani Leimena Suharli berharap Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) mampu menyusun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News