Beri Pukulan Telak Kubu Pro Koalisi

Pidato Megawati Dianggap Inspiratif dan Monumental

Beri Pukulan Telak Kubu Pro Koalisi
Beri Pukulan Telak Kubu Pro Koalisi
PIDATO Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada pembukaan Kongres III di Bali, Selasa (6/4) ditanggapi beragam. Namun kritikan Mega yang sekaligus menjadi penegasan atas sikap politik PDIP sebagai kekuatan oposisi, dianggap menjadi pukulan telah bagi kubu di PDIP yang pro koalisi.

Menurut pengamat komunikasi politik, Effendi Gazali, pidato Megawati menjawab pertanyaan selama ini tentang arah poltiik PDIP. "Itu udah jadi jawaban tentang sikap PDIP yang jelas dan tegas. Ini pukulan telak bagi orang-orang yang menyuarakan koalisi," ujar Effendi saat diotemui di sela-sela Kongres PDIP di hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Selasa (6/4).

Meski demikian, staf pengajar di Universitas Indonesia itu menyarankan agar sikap tegas Megawati bahwa PDIP tetap menjadi oposisi tidak perlu dipertegas dengan menyingkirkan kubu pro koalisi. "Ini bukan berarti mereka (pro koalisi) harus dikeluarkan dari perahu besar PDIP," cetusnya.

Sementara mantan Ketua Umum Golkar, Akbar Tanjung, memuji isi pidato Megawati. "Insipratif," ujar Akbar.

PIDATO Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada pembukaan Kongres III di Bali, Selasa (6/4) ditanggapi beragam. Namun kritikan Mega yang sekaligus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News