Berisiko Kebakaran, Mobil Listrik Dilarang Parkir di Basement

Berisiko Kebakaran, Mobil Listrik Dilarang Parkir di Basement
Ilustrasi,Sejumlah para pebisnis sepakat melarang mobil listrik untuk memarkir kendaraannya di basement atau area parkir bawah tahan. Foto: Antara

jpnn.com - Sejumlah para pebisnis di Tiongkok sepakat melarang mobil listrik untuk memarkir kendaraannya di basement atau area parkir bawah tanah.

Hal itu untuk mengantisipasi kecelakaan pada mobil ramah lingkungan.

Pasalnya sudah banyak kejadian kebakaran yang disebabkan dari mobil ramah lingkungan itu.

Drive pada Selasa (17/9), mengutip unggahan pemilik akun X @whyoutouzhele yang menyebutkan sebagian pengelola hotel dan perkantoran di bagian wilayah China telah memasang rambu larangan memarkir EV di basement.

"Karena sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan energi baru di Tiongkok, hotel dan gedung perkantoran di banyak tempat di Provinsi Zhejiang telah berhasil melarang kendaraan energi baru diparkir di garasi bawah tanah, yang telah menarik perhatian pihak luar," demikian terjemahan dari unggahan berbahasa China tersebut.

Dalam unggahan akun itu juga foto papan peringatan dari pengelola Gedung Huigang di Kota Ningbo untuk meminta pemilik EV memarkir kendaraan di tempat parkir dengan ruang yang lebih luas.

Menurut siaran media massa China, keputusan untuk melarang mobil bertenaga baterai di beberapa area parkir bawah tanah dipengaruhi oleh laporan 11 kejadian kebakaran kendaraan listrik di Hangzhou, ibu kota Zhejiang, pada April dan Mei 2024.

"Berdasarkan karakteristik kebakaran kendaraan listrik dan kemampuan pemadaman kebakaran hotel kami, kami pikir akan lebih aman untuk tidak mengizinkan mereka masuk ke garasi bawah tanah," kata seorang manajer keamanan hotel bintang lima di Hangzhou yang tidak mau namanya disebut kepada media lokal China.

Sejumlah para pebisnis sepakat melarang mobil listrik untuk memarkir kendaraannya di basement atau area parkir bawah tanah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News