Berita Tone Positif WIN-HT Mendominasi

Berita Tone Positif WIN-HT Mendominasi
Berita Tone Positif WIN-HT Mendominasi

jpnn.com - JAKARTA - Pol-Tracking Institute menemukan partai politik yang paling banyak diberitakan dalam periode 1 Februari hingga 24 Desember 2014 adalah Partai Demokrat (32,4 %), PKS (15,3%), PDIP (11,8 %), Golkar (10,9) dan Partai Hanura (4,2%). Namun, di antara kelima partai tersebut, Hanura disebut sebagai partai yang paling banyak memiliki pemberitaan dengan tone positif dibandingkan dengan partai lainnya, dengan persentase pemberitaan positif sebesar 31,9 %.

Menurut Ketua Bidang IT Centre DPP Partai Hanura, M. Fariza. Y. Irawady, pemberitaan positif menonjol karena Wiranto-Hary Tanoesoedibjo (WIN-HT) sudah bekerja. Pasangan yang lebih awal mendeklarasikan sebagai calon presiden dari Hanura itu sudah keliling Indonesia.

“Pak Wiranto dan Pak HT setiap hari berjumpa dengan masyarakat, berdialog di kampus-kampus dan bertemu tokoh masyarakat dan agama di seluruh Indonesia, hal inilah saya rasa yang menyebabkan tingginya persentase pemberitaan positif terhadap Partai Hanura,” kata Fariza kepada wartawan menanggapi hasil riset yang dilakukan oleh Pol Tracking Institute di DPP Partai Hanura, Jakarta, Selasa (14/1).

Fariza menyebutkan Ketua Umum Hanura Wiranto dan Ketua Bapilu Hanura Hary Tanoesoedibjo pernah menghadiri empat acara dalam sehari. “Pernah saya mencatat masing-masing menghadiri 4 acara dalam satu hari, jadi total ada 8 acara yang semuanya diliput luas oleh media,” katanya.

Selain melakukan diskusi, paparan, dan pengembangan wacana, WIN-HT juga kerap melakukan langkah-langkah nyata seperti membagikan kartu kader penggerak yang berasuransi, pembagian sembako ke kantong-kantong rakyat yang kekurangan serta menyalurkan dana bergulir tanpa bunga untuk UKM di seluruh Indonesia. “Semua langkah nyata itu diapresasi rupanya oleh media massa dan membuat Hanura mendapat pemberitaan positif,” ujarnya.

Dalam rilis survei tersebut, terungkap bahwa PKS (23,87%), Partai Demokrat (20,53%) dan Golkar (19,1%) merupakan partai yang memiliki pemberitaan dengan tone negatif paling tinggi dibandingkan dengan partai lain, sedangkan Nasdem (34,54%), Hanura (31,9%), PDIP (26,26%) dan Gerindra (26,19%) merupakan partai yang memiliki pemberitaan dengan tone positif tertinggi dibandingkan partai lainnya.

Direktur Eksekutif Pol-Tracking, Hanta Yudha memaparkan bahwa temuan dari Pol Tracking ini mengungkapkan bahwa khususnya dalam tema kasus hukum, partai politik yang paling banyak mendapat sorotan sepanjang 2013 adalah PKS (46,7% dari total berita), Partai Demokrat (20,5 % dari total berita) dan Golkar (31,9% dari total berita).

“Kondisi tersebut sangat beralasan karena kasus korupsi yang melibatkan sejumlah tokoh dan petinggi dari parpol tersebut,” kata Hanta. Tentu, pemberitaan terhadap partai politik akan sangat mempengaruhi pilihan politik publik. (awa/jpnn)

JAKARTA - Pol-Tracking Institute menemukan partai politik yang paling banyak diberitakan dalam periode 1 Februari hingga 24 Desember 2014 adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News