Bermasalah, Proyek e-KTP Terindikasi Dikorupsi

Bermasalah, Proyek e-KTP Terindikasi Dikorupsi
Bermasalah, Proyek e-KTP Terindikasi Dikorupsi
JAKARTA - Pengamat politik UI Boni Hargens menjelaskan, modus kejahatan korupsi semakin canggih. Tindak pidana itu tak hanya terjadi saat proyek-proyek pemerintah berlangsung. Tetapi juga sudah terjadi sejak rencana anggaran itu disusun. ’’Masyarakat tak boleh terbuai dengan kasus-kasus yang ada. Banyak persoalan korupsi lain yang bisa muncul lagi,’’ terang dia.

Dosen ilmu politik UI ini menyebutkan, persoalan e-KTP saat ini masih mengalami kendala berpeluang menjadi kasus kourpsi baru. Itu terlihat dari berbagai persoalan yang menghambat pelaksanaan e-KTP.

Apalagi, terang dia, anggaran yang dikucurkan dalam proyek tersebut juga cukup besar. Namun nyatanya, harapan terlaksananya proyek kependudukan itu masih jauh dari harapan. ’’Saya rasa pantas kalau KPK segera melihat perkara ini sebagai persoalan penting pula,’’ ujarnya.

Boni menambahkan, dalam berbagai perkara terakhir ini memang kuat indikasi perkara korupsi yang terjadi sudah terencana baik. Artinya kasus korupsi itu sudah disusun sejak jauh hari. Sehingga proses mengambil uang rakyat pun terasa tanpa hambatan.

JAKARTA - Pengamat politik UI Boni Hargens menjelaskan, modus kejahatan korupsi semakin canggih. Tindak pidana itu tak hanya terjadi saat proyek-proyek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News