Bertambah Lagi Industri & Asosiasi yang  Mendukung Pendidikan Vokasi, Ini Daftarnya

Bertambah Lagi Industri & Asosiasi yang  Mendukung Pendidikan Vokasi, Ini Daftarnya
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto mengungkapkan peran penting dunia usaha dan industri. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI) menggandeng DUDI untuk penguatan kemitraan di bidang vokasi.

Kali ini, enam DUDI dan satu asosiasi yang menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Kemendikbudristek.

Ketujuh DUDI dan asosiasi tersebut ialah Childfund International, PT Komatsu Indonesia, PT Pegadaian, PT Tira Austenite, PT Educa Sisfomedia Indonesia (Gamelab), Oracle Academy, dan PT Commeasure Solutions Indonesia (Reddoorz). 

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto menjelaskan, kemitraan yang dibangun bertujuan mencapai keselarasan sehingga proses pembelajaran relevan dengan kebutuhan dunia kerja, baik di masa kini maupun masa depan.

Pada era yang kian dinamis saat ini, pendidikan vokasi memiliki posisi strategis dalam mencetak tenaga kerja terampil yang sesuai standar industri. 

Terwujudnya keselarasan melalui penguatan kemitraan akan menghasilkan SDM vokasi yang mampu meningkatkan daya saing industri. 

"Artinya, vokasi hari ini sangat berkaitan, bahkan berkontribusi pada keekonomian negara," tutur Wikan pada acara penandatanganan PKS serentak di Magelang, Jawa Tengah (20/5). 

Wikan menjelaskan, kalau untuk link and match memang tidak hanya sekadar penandatangan kerja sama. Terlebih, dengan adanya rencana kerja, ini berarti sudah diujicobakan dengan kurikulum baru.

Industri dan asosiasi yang mendukung pendidikan vokasi Kemendibudristek bertambah lagi, ini daftarnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News