Biaya Pakan Rusa Rp 650 Juta, Ini Penjelasan DPR

Biaya Pakan Rusa Rp 650 Juta, Ini Penjelasan DPR
alamendah

jpnn.com - JAKARTA- Anggaran yang dipakai DPR benar-benar banyak yang layak dipertanyakan. Salah satunya ialah untuk perawatan 48 rusa yang dipelihara di taman khusus di sisi kanan gedung parlemen.

Dalam rencana umum pengadaan barang dan jasa Setjend DPR tahun 2015, terdapat anggaran untuk pemeliharan, perawatan medis dan pemberian makan rusa sebesar Rp 650 juta.

Sekjen DPR Winantuningtyastiti mengatakan, anggaran itu tidak hanya untuk pembelian pakan rusa. Dana jumbo tersebut juga dipakai untuk perawatan rusa-rusa bertotol itu.

"Soal pakan rusa pagunya Rp 650 juta, hasil lelangnya Rp5 51 juta untuk satu tahun. Itu untuk pemeliharaan (taman), pakan, pemeliharaan rusa," kata Sekjen yang akrab disapa Bu Win itu, Selasa (14/4).

Dia menambahkan, kesehatan puluhan rusa itu dirawat seorang dokter hewan. Selain itu, ada pula delapan penjaga. Bu Win mengungkapkan, makanan untuk rusa-rusa itu terdiri dari berbagai varian. “Ada dedak ubi dan macem-macam. Diberi makannya 2 kali sehari," jelasnya.

Dia menegaskan, realisasi pasti lebih kecil dari anggaran yang tertera di website setelah diproses lelang. "Yang muncul di situ pagu, dari perencanaan kami itu dilakukan pelelangan. Kadang-kadang nomenklatur di kementerian lembaga tidak sedetail itu. Kami berharap disampaikan ke publik ada informasi yang utuh," jelasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA- Anggaran yang dipakai DPR benar-benar banyak yang layak dipertanyakan. Salah satunya ialah untuk perawatan 48 rusa yang dipelihara di taman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News