Bicara Kasus Vina, Menko Polhukam Singgung Integritas Kompolnas Menjaga Polri

Bicara Kasus Vina, Menko Polhukam Singgung Integritas Kompolnas Menjaga Polri
Menko Polhukam RI Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta, Jumat (21/6/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam RI Hadi Tjahjanto memastikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) turun langsung mengawasi pengusutan kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Muhammad Rizky alias Eky di Cirebon pada 2016.

Menko Hadi meyakini Kompolnas menjalankan fungsinya mengawasi kinerja Polri, termasuk dalam pengusutan kasus Vina tersebut sampai tahap persidangan.

"Untuk kasus Vina, saya sudah minta kepada Kompolnas turun ke lapangan dan kemarin sudah turun," kata Menko Hadi saat jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta, Jumat (21/6).

"Kompolnas juga sudah mendengar dan menerima gelar perkara dan rencananya 24 Juni nanti akan ada praperadilan,” lanjutnya.

Mantan Panglima TNI itu menegaskan bahwa Kompolnas serius menjalankan fungsinya untuk mengawasi kinerja Polri terhadap kasus yang saat ini menjadi perhatian publik itu.

“Saya yakin ini Kompolnas, mereka memiliki integritas tinggi untuk menjaga Kepolisian,” kata Menko Hadi.

Dalam struktur keanggotaan Kompolnas Periode 2020–2024, Menko Polhukam RI menjabat sebagai Ketua Kompolnas RI merangkap anggota.

Kemudian Menteri Dalam Negeri sebagai wakil ketua merangkap anggota, Menteri Hukum dan HAM RI mewakili unsur pemerintah sebagai anggota, dan Benny J. Mamoto sebagai Ketua Harian Kompolnas.

Menko Polhukam RI Hadi Tjahjanto bicara soal kasus Vina Cirebon. Lalu dia singgung integritas Kompolnas menjaga Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News